Tuesday, May 18, 2021

Viral TikTok, Tukang Becak Kehilangan Uang 2 Juta Rupiah Saat Sholat

Beritamalam.com – Video viral tukang becak yang kehilangan uangnya sebesar Rp 2 juta rupiah langsung viral di aplikasi TikTok. Video yang memperlihatkan seorang laki-laki paruh baya menangis histeris membuat banyak orang tersayat haru. Melansir dari sumber Kompas.com, video TikTok itu pertama kali dirilis oleh pemilik akun TikTok @adibanic. Sejak awal unggahan dipublikasi di TikTok hingga Selasa, 13 April 2021 siang, video tersebut telah memperoleh jumlah like alias suka mencapai jutaan orang dan telah dibagikan ulang oleh ribuan orang. Berdasarkan kisah yang dituliskan langsung, pria paruh baya tersebut dikenal dengan nama Abah Olih.

Ia merupakan seorang tukang becak yang bertempat tinggal di Garut, Jawa Barat. abah Olin, yang baru saja melaksanakan shalat nya di masjid mengaku kehilangan uang sebesar Rp 2 juta. Menurut pengakuan dari Abah Olih langsung, uang Rp 2 juta tersebut ditaruhnya di saku celana. Saat hendak shalat, Abah Olih melepaskan celana dan niat pergi berwudhu. Karena celananya kotor dan Abah ingin shalat dengan khusyuk, celana tersebut di letakkan di tempat yang tak jauh dari tempat shalatnya dan ia mengenakan sarung untuk menunaikan shalat. Setelah menyelesaikan shalat, ia tidak lagi mendapati celana yang berisi uang itu. Banyak orang mengaku sedih dan ikut prihatin atas musibah yang dialami oleh Abah Olin.

Viral Tukang Becak Menangis Histeris, Open Donasi Dilakukan

Padahal, uang Rp 2 juta yang ia letakkan di celananya itu akan digunakan untuk membeli ponsel bagi buah hatinya yang sedang melakukan belajar via online. Mendapati musibah dan hanya berprofesi sebagai tukang becak, ia pun langsung menangis sejadi-jadinya, karena baginya sangat sulit untuk mengumpulkan uang tersebut dari hasil usahanya mengayuh becak. Seorang pengunggah di akun TikTok yang bernama Rini, mengaku mendapatkan video tersebut dari sang mama.

Karena kasihan, kemudian ia memutuskan untuk mengunggah video tersebut di TikTok nya. Tidak disangka-sangka, video unggahan tersebut langsung menjadi viral dan banyak dibagikan di media sosial lainnya. “Kenal, sangat kenal. Kan rumah Rini dulu di Garut (sekarang tinggal di Gresik, Jawa Timur). Dulu Abah Olih tetangga, bapak Rini RW nya, jadi kenal banget sama dia,” kata Rini, yang kami lansir dari sumber Kompas.com, pada Selasa, 13 April 2021.

Viral Tukang Becak

Setelah video tersebut ramai dan memperoleh jumlah like yang banyak, Rini mengaku bahwa banyak netizen yang memintanya untuk membuka penggalangan dana untuk menggantikan uang abah yang hilang. “Ngadain donasi, awalnya aku bener-bener gak ada niatan kesitu Cuma pengen upload aja karena kasihan, tapi warga TikTok yang minta aku ngadain open donasi, jadi akhirnya Rini coba buka open donasi buah Abah Olih,” kata nya. Melihat Rini mulai mengadakan open donasi untuk Abah Olih, beramai-ramai warga TikTok memberikan donasinya. Bahkan, Atta Halilintar sang YouTuber Indonesia juga turut memberikan donasinya.

Sebagai Modal Usaha Baru

Setelah mengadakan open donasi, total yang sudah terkumpul dari warga TikTok dan beberapa influencer Indonesia, sebanyak Rp 131.940.884. Uang tersebut sudah sepenuhnya diserahkan kepada Abah Olih, pada Senin, 12 April 2021. “Uangnya langsung aku kasih ke Abah Olih, katanya mau dipakai buat lunasin utang Abah, beli HP anaknya, sama In Syaa Allah mau beli rumah dan mau bikin usaha kecil-kecilan,” papar Rini. Rini mengaku, bahwa total uang donasi yang sudah terkumpul sudah ia urusan zakatnya, sehingga uang ratusan juta rupiah tersebut sudah bersih diterima oleh Abah Olih tanpa adanya potongan sedikitpun.

“Itu yang uang Rp 130 juta dari yang donasi di aku aja, belum dari orang lain yang langsung transfer ke aku. Kemaren ada dua orang yang langsung bertemu sama aku buat nyerahin uang donasi buat abah Rp 3 juta sekian sama Rp 16 juta sekian,” ungkapnya. Mengetahui dirinya mendapatkan donasi hingga ratusan juta rupiah, Rini menyebutkan bahwa Abah langsung sujud syukur dan menangis haru. Bahkan, Rini yang ditemani oleh keluarganya juga sempat meneteskan air matanya.

“Keluarga Abah semuanya langsung nangis, bener-bener enggak nyangka katanya dapet rezeki sebanyak ini. Abah langsung bilang ‘Alhamdulillah doa-doa selama ini Abah ingin buat bahagia keluarga jadi keturutan, uang ini bakal Abah buat rumah sendiri, Allah kabulkan doa Abah setelah lamanya, terimakasih untuk orang-orang baik yang sudah memberikan rezekinya untuk Abah’,” ucap Rini. Hingga saat ini, video viral tukang becak Abah Olin masih menjadi pembahasan warga TikTok dan media sosial lainnya.

Related Articles

Wajib Tahu! Inilah Efek Berhenti Merokok Pada Kesehatan Tubuh

Beritamalam.com - Rokok merupakan salah satu pembunuh paling kejam yang ada di dunia ini. Bayangkan saja, pada abad ke 20 ada sekitar 100 juta...

Wajib Dicoba! Inilah Tips Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Cepat

Beritamalam.com - Memiliki gangguan susah tidur atau yang kerap disebut dengan insomnia? Jika ya, tentu saja anda paham betapa susahnya menjaga kualitas jam tidur...

Hobby Motret? Inilah Kamera Polaroid yang Patut Anda Beli

Beritamalam.com - Buat anda yang doyan banget travelling sudah pasti tidak asing dong dengan namanya kamera instan pada saat ini? atau yang biasanya dikenal...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,960FansLike
2,506FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles

Wajib Tahu! Inilah Efek Berhenti Merokok Pada Kesehatan Tubuh

Beritamalam.com - Rokok merupakan salah satu pembunuh paling kejam yang ada di dunia ini. Bayangkan saja, pada abad ke 20 ada sekitar 100 juta...

Wajib Dicoba! Inilah Tips Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Cepat

Beritamalam.com - Memiliki gangguan susah tidur atau yang kerap disebut dengan insomnia? Jika ya, tentu saja anda paham betapa susahnya menjaga kualitas jam tidur...

Hobby Motret? Inilah Kamera Polaroid yang Patut Anda Beli

Beritamalam.com - Buat anda yang doyan banget travelling sudah pasti tidak asing dong dengan namanya kamera instan pada saat ini? atau yang biasanya dikenal...

Sinopsis Film The Craft, 4 Remaja yang Terobsesi Menjadi Penyihir

Beritamalam.com - Film The Craft termasuk salah satu film yang mempunyai genre horror supranatural yang populer dikalangan tahun 90-an. Film ini turut dibintangi oleh...

Jangan Lewatkan! 5 Festival Budaya di Indonesia Ini Sangat Luar Biasa

Beritamalam.com - Seperti kita ketahui bahwa negara Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Beda wilayah, beda juga budaya yang diangkat oleh masyarakatnya. Jadi...