Friday, April 16, 2021

Memiliki Kulit Sensitif? Inilah Tips Memilih Kosmetik Yang Aman Digunakan!

Adakah dari anda yang pernah mengalami suatu reaksi kulit setelah pemakaian suatu produk kecantikan? Jika ya, besar kemungkinannya bahwa anda memiliki kulit yang sensitif. Pemilik kulit tipe ini memang perlu menerapkan tips memilih kosmetik yang aman untuk dipakai dan memerlukan pula usaha ekstra dalam merawat kondisi kesehatan kulit anda. Keselektifan pemilihan produk make up adalah hal penting yang harus diketahui oleh pemilik kulit sensitif.

Karena, kulit sensitif akan mengalami kondisi yang buruk jika penggunaan produk kecantikan salah, hingga cenderung asal – asalan. Mengingat kondisi reaksi kulit yang sensitif kerap dialami saat menggunakan kosmetik, sabun, hingga sampo yang memiliki kandungan tidak aman untuk kulit sensitif, tentu saja pemilihan produk tertentu akan menjadi peran utama.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips atau cara terbaik menggunakan kosmetik yang aman digunakan oleh kulit sensitif, alangkah baiknya jika anda mengetahui dahulu suatu ciri yang akan dialami jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Berikut adalah ciri – ciri kulit sensitif:

  • Mengalami bercak / ruam kemerahan yang mudah muncul di kulit wajah.
  • Kulit yang terasa kering, gatal, hingga mengelupas.
  • Kulit tidak dapat menyerap kandungan wewangian dengan sempurna.
  • Kulit sangat mudah mengalami iritasi maupun kondisi breakout.
  • Kulit mudah terbakar sinar matahari.
  • Kulit mudah bereaksi terhadap berbagai macam produk kecantikan.
  • Pembuluh darah sangat terlihat pada permukaan kulit.

Kulit sensitif memang lah terlihat berbeda pada empat jenis kulit sehat lainnya. Jika anda tidak hati – hati dalam pemilihan produknya, tentu hal tersebut akan menyebabkan permasalahan serius dan mengatasinya pun cenderung sulit dibandingkan jenis kulit yang normal. Pada dasarnya, kulit wajah sensitif adalah jenis kulit yang mudah sekali mengalami iritasi hingga menimbulkan ruam atau bercak.

Keluhan demi keluhan akan dirasakan jika anda tidak menganggap penting kulit yang sensitif. Penyebab terjadinya kulit yang sensitif pun sangat lah banyak. Mulai dari penggunaan produk kecantikan yang berlebihan, kebiasaan dalam menggonta – ganti suatu produk, hingga terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit yang membawa dampak buruk berupa sensitif tersebut.

Alhasil, kulit tubuh pun akan dengan mudah teriritasi, terasa panas yang menyeruak di seluruh wajah, hingga mengelupas dan memerah. Oleh sebab itu, penggunaan suatu produk kecantikan pada kulit sensitif harus diantisipasi sejak dini. Penasaran dengan tips apa saja yang aman dilakukan oleh pemilik kulit sensitif? Simak terus artikel yang satu ini untuk menambah wawasan anda!

Tips Memilih Kosmetik Terbaik Untuk Pemilik Kulit Sensitif!

Tips Memilih Kosmetik

Kulit sensitif, merupakan kondisi kulit yang menimbulkan suatu reaksi terhadap faktor pencetusnya. Seperti menggunakan suatu produk perawatan atau produk kecantikan kulit, menggunakan bahan kimia tertentu, maupun lingkungan. Kulit sensitif telah menjadi jenis kulit yang paling menyulitkan penderitanya dalam menggunakan suatu produk skin care.

Pemilihan kandungan atau bahan pada suatu produk pun harus diperhatikan dengan maksimal. Walaupun harga suatu produk kecantikan yang anda gunakan mahal, namun produk tersebut mengandung kandungan yang dapat memicu reaksi kulit sensitif, tentu akan sia – sia. Berikut adalah tips terbaik pemilihan kosmetik untuk pemilik kulit sensitif:

  1. Pilih Produk Yang Mengandung Fragrance – Free

    Hal pertama yang harus anda lakukan agar pemilihan produk kecantikan tidak dapat menyebabkan masalah untuk kulit sensitif, adalah memilih produk yang mengandung fragrance – free alias terbebas dari kandungan wewangian.

    Pewangi, merupakan suatu bahan kimia yang kerap digunakan pada suatu produk kecantikan, termasuk produk kosmetik. FDA, telah menyebutkan bahwasanya beberapa zat yang digunakan untuk memberikan wangi pada wewangian berpotensi besar menimbulkan suatu reaksi alergi pada sebagian orang yang memiliki kondisi kulit sensitif.

  2. Hindari Produk Dengan Kandungan Pengawet

    Pengawet atau preservatives, seringkali dimasukkan ke dalam suatu produk kosmetik untuk mencegah kembali pertumbuhan bakteri dan jamur di produk tersebut. Adapun salah satu zat pengawet yang digunakan untuk suatu produknya, adalah kelompok paraben.

    Bagi pemilik kulit sensitif, tentu saja produk kosmetik yang mengandung paraben adalah hal yang amat berbahaya dan harus dihindari sejak dini. Karena, paraben dapat menimbulkan iritasi dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, pilihlah kandungan produk yang tidak memiliki paraben maupun bahan pengawet lainnya.

  3. Pilih Produk Dengan Kandungan Pelembab

    Dan, tips memilih kosmetik yang harus anda ketahui bagi pemilik kulit sensitif, adalah memilih produk dengan kandungan pelembab. Pada dasarnya, pemilik kulit sensitif rentan mengalami kering hingga iritasi. Oleh karena itu, penting sekali bagi anda untuk memilih suatu produk kecantikan yang memang dikhususkan untuk pemilik kulit sensitif atau tidak dapat menimbulkan kulit kering.

    Agar lebih mudahnya, anda bisa memilih kosmetik yang dapat melembabkan sekaligus. Kandungan pelembab hyaluronic acid lah yang paling berpotensi penting mengatasi kulit kering oleh pemilik kulit sensitif.

Related Articles

Kabar Bahagia, Tengku Dewi Putri Telah Melahirkan Anak Pertamanya

Beritamalam.com - Baru-baru ini kebahagian tengah menyelimuti pasangan selebritis Tengku Dewi Putri dan Andrew Andika. Setelah penantian selama tiga tahun lamanya, kedua pasangan selebritis...

Terkini! Nadya Mustika Positif COVID-19 Saat Melahirkan Anak Pertama

Beritamalam.com - Pasangan selebritis Rizki DA dan Nadya Mustika Ratu pada saat ini sedang berbahagia karena baru saja dikaruniai anak pertamanya. Namun, kabar buruk...

Viral TikTok, Tukang Becak Kehilangan Uang 2 Juta Rupiah Saat Sholat

Beritamalam.com - Video viral tukang becak yang kehilangan uangnya sebesar Rp 2 juta rupiah langsung viral di aplikasi TikTok. Video yang memperlihatkan seorang laki-laki...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,804FansLike
2,506FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles

Kabar Bahagia, Tengku Dewi Putri Telah Melahirkan Anak Pertamanya

Beritamalam.com - Baru-baru ini kebahagian tengah menyelimuti pasangan selebritis Tengku Dewi Putri dan Andrew Andika. Setelah penantian selama tiga tahun lamanya, kedua pasangan selebritis...

Terkini! Nadya Mustika Positif COVID-19 Saat Melahirkan Anak Pertama

Beritamalam.com - Pasangan selebritis Rizki DA dan Nadya Mustika Ratu pada saat ini sedang berbahagia karena baru saja dikaruniai anak pertamanya. Namun, kabar buruk...

Viral TikTok, Tukang Becak Kehilangan Uang 2 Juta Rupiah Saat Sholat

Beritamalam.com - Video viral tukang becak yang kehilangan uangnya sebesar Rp 2 juta rupiah langsung viral di aplikasi TikTok. Video yang memperlihatkan seorang laki-laki...

Kuliner Lokal Paling Enak Yang Bisa Jadi Inspirasi Menu Perayaan

Beritamalam.com - Berbicara soal kuliner Indonesia tidak ada habisnya, ada sangat banyak kuliner lokal paling enak yang rasanya sayang kalau dilewatkan. Biasanya beberapa kuliner...

Yuyun Sukawati Alami KDRT dan Laporkan Suami ke Komnas Perempuan

Beritamalam.com - Baru-baru ini dunia maya tengah dihebohkan dengan salah satu artis senior Yuyun Sukawati. Pesinetron Yuyun Sukawati alami KDRT dan penganiayaan dari suaminya...