Monday, February 6, 2023

KPU Tegaskan Pemilu 2024 Tetap Gunakan Proporsional Terbuka

beritamalam.com – Sebanyak delapan Partai Politik (Parpol) yang menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) sepakat untuk menolak sistem proporsional tertutup, pada pesta demokrasi tahun 2024. Kesepakatan tersebut terjadi pada saat delapan Partai Politik yakni Golkar, PKB, PPP, NasDem, Gerindra, PKS, Partai Demokrat, dan PAN telah menyelenggarakan pertemuan di salah satu hotel di Jakarta Selatan, hari Minggu 8 Januari, 2023 kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum atau KPI RI, Idham Holik menyatakan bahwa tahapan Pemilu 2024 akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dalam pasal 3 huruf d Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 junct Pasal 6 ayat 3 huruf a Peraturan DKPP RI nomor 2 tahun 2017.

“Berkepastian hukum merupakan salah satu prinsip penyelenggaraan Pemilu. Implementasi prinsip tersebut bersifat impreatif dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang profesional,” ucap Idham Holik pada saat dihubungi oleh tim. Sedangkan menurut Idham Holik, ketentuan Pemilu tahun 2024 masih berdasarkan dengan pasal 168 ayat 2 UU nomor 7 tahun 2017. Di dalam ketentuan tersebut, sistem Pemilu legislatif di Indonesia merupakan proposional dengan daftar terbuka.

“Teks norma Pasal 168 ayat 2 UU No. 7 Tahun 2017 berbunyi bahwa Pemilu untuk memilih anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan dengan menggunakan sistem proporsional terbuka,” jelas Idham. Yang patut anda ketahui adalah sistem proporsional pada Pemilu tahun 2024 mendatang bahwa akan diputuskan usai sidang gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sidang lanjutan dari gugatan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum soal Sistem Proporsional pada Pemilu akan berlangsung di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat. Sidang dengan nomor perkara 114/PUU-XX/2022 ini beragendakan tentang mendengarkan keterangan dari DPR, Presiden dan KPU. Komisi Pemilihan Umum atau KPU sendiri menegaskan bahwa Pemilu tahun 2024 akan tetap berlangsung dengan menggunakan sistem proporsional terbuka.

“Selanjutnya dalam konteks prinsip berkepastian hukum di dalam penyelenggaraan Pemilu, dimana apa saja yang akan menjadi materi amar Putusan Mahkamah Konsituti nanti sebagai penyelenggara Pemilu yang wajib melaksanakannya,” ujar Komisioner KPU, Idham.

Pemilu-2024

Dirinya menjelaskan bahwa hal tersebut sesuai dengan norma di dalam pasal 10 Ayat (1) UU Nomor 8 Tahun 2011 yang berbunyi, “Putusan Mahkamah Konstitusi bersifat final, yakni putusan Mahkamah Konstitusi langsung memperoleh kekuatan hukum tetap sejak diucakpkan dan tidak ada upaya hukum yang bisa ditempuh, sifat dinal di dalam putusan Mahkamah Konsituti dalam Undang-Undang ini mencakup pula kekuatan hukum mengikat”.

“Sampai saat ini Pasal 168 ayat 2 di dalam Undang-undang Pemilu tidak/belum berubah atau tidak diubah. Sebagai penyelenggara Pemilu, norma yang berlaku sangat wajib dilaksanakan. Selain itu, melasanakan UU Pemilu 2024juga bersifat impreatif,” tanda Idham.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Jember, Itok Wicaksono menyatakan bahwa Pemilu tahun 2024 mendatang lebih tepat menggunakan sistem proporsional terbuka. Hal tersebut dikarenakan penyelenggara pemilu atau logistik sudah disiapkan mengarah ke proporsional terbuka. Di dalam sistem proporsional terbuka yang diterapkan di Indonesia sendiri sudah ada sejak tahun 2019 silam. Menurut Itok, pemilih bisa mencoblos partai politik atau nama calon anggota legislatif yang diharapkan duduk di parlemen.

Sedangkan jika sistem proporsional tertutup, pemilih hanya bisa mencoblos partai politik dan partai politik yang berwenang untuk menentukan anggota legislatif yang berhak duduk di parlemen. Terkait dengan adanya pengajuan permohonan uji materi atau judical review sistem pemilu proporsional terbuka dalam Undang-Undang Pemilu, Itok sendiri sangat optimis bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tidak akan mengabulkan permohonan tersebut dengan berbagai pertimbangan.

Itok juga menilai bahwa pelaksanaan sistem pemilu secara proporsional terbuka lebih demokrasi. Hal tersebut karena partai politik dituntut untuk lebih dinamis untuk mendapatkan perolehan suara, akan tetapi tantangan kader partai politik juga sangat berat. Komisi Pemilihan Umum sudah menyiapkan kajian terkait pemilu legislatif sistem proporsional terbuka dan tertutup untuk disampaikan dalam sidang judical di Mahkamah Konstitusi. Hal tersebut sudah disampaikan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Menurut Hasyim, sidang MK KPU akan dipanggil untuk diminati keterangan sesuai dengan bidang tugas dan juga ruang lingkup kinerja lembaga penyelenggara pemilu. Dengan demikian artinya, KPU tidak akan menyampaikan teori tentang kelebihan atau kekurangan sistem proporsional terbuka dan juga tertutup, melainkan apa saja dampak masing-masing sistem yang ditinjau dari kaca mata KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

Related Articles

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android, Jangan Ketahuan!

beritamalam.com - Karena suatu alasan banyak sekali orang yang berusaha untuk menyembunyikan suatu aplikasi dari daftar menu ataupun drawer pada smartphone Android. Alasan yang...

Review Xiaomi TV A2 Series 43 Inci, Resolusi 4K Harga 3 Jutaan

beritamalam.com - Xiaomi TV A2 Series telah resmi meluncur di tanah air dalam dua pilihan ukuran, yakni 43 inci dan 55 inci. Namun, pada...

Olahraga Meninggikan Badan yang Mudah Dilakukan di Rumah

beritamalam.com - Kata siapa dirumah saja bisa membuat anda tidak bisa berolahraga? Meskipun sulit pergi ke luar untuk berolahraga, anda tetap bisa melakukannya di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,045FansLike
2,506FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android, Jangan Ketahuan!

beritamalam.com - Karena suatu alasan banyak sekali orang yang berusaha untuk menyembunyikan suatu aplikasi dari daftar menu ataupun drawer pada smartphone Android. Alasan yang...

Review Xiaomi TV A2 Series 43 Inci, Resolusi 4K Harga 3 Jutaan

beritamalam.com - Xiaomi TV A2 Series telah resmi meluncur di tanah air dalam dua pilihan ukuran, yakni 43 inci dan 55 inci. Namun, pada...

Olahraga Meninggikan Badan yang Mudah Dilakukan di Rumah

beritamalam.com - Kata siapa dirumah saja bisa membuat anda tidak bisa berolahraga? Meskipun sulit pergi ke luar untuk berolahraga, anda tetap bisa melakukannya di...

Rekomendasi Motor Listrik Honda Terbaik dan Terbaru Tahun 2023

beritamalam.com - Motor listrik Honda bisa menjadi pilihan terbaik jika anda sedang mencari kendaraan roda dua yang ramah lingkungan. Produsen otomotif raksasa asal Jepang...

Destinasi Wisata di Banyuwangi, Kaya dengan Keindahan Alam

beritamalam.com - Banyuwangi saat ini sedang naik daun dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Daerah yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini sebelumnya...