Friday, April 16, 2021

Inilah Penyebab Sulit Mengelola Dan Mengatur Keuangan Anda!

Mengatur keuangan pribadi merupakan hal yang penting dan selalu dilakukan oleh banyak orang dalam memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan. Sayangnya saat ini banyak orang yang boros dan tidak menyadari akan penyebab sulit mengatur keuangan. Ketika gajian tiba, langsung segala hal yang diinginkan diprioritaskan tanpa memikirkan kebutuhan yang penting hingga tidak sempat memiliki dana darurat yang akan terpakai kapan saja tanpa diduga – duga.

Jika tidak dilakukan dengan baik dalam mengatur keuangan, tentu saja anda akan dengan mudah jatuh dan terjebak dengan pola hidup yang boros, terjebak dengan hutang besar serta bunga yang akan menyulitkan anda, hingga hidup yang serba kekurangan tanpa adanya sisa rupiah sedikitpun. Tentu saja hal tersebut terdengar sangat menyeramkan dan akan membuat anda antisipasi sejak dini.

Kesadaran dalam mengatur keuangan pribadi dengan baik memang lah sudah mulai disadari oleh banyak orang belakangan ini karena mengalami perekonomian yang merosot tajam hingga tidak dapat melakukan pencegahan dengan tepat yang berkaitan dengan dana atau uang. Walaupun begitu, rupanya sebagian kalangan sudah mengetahui cara terbaik untuk mengatur keuangan pribadi, hingga rela menerapkan sebuah kebiasaan untuk membuat anggaran pengeluaran mengenai kebutuhan dan keinginan.

Bukan hanya itu saja, sebagian kalangan yang sudah menyadari cara dalam mengatur keuangan pribadi pun akan rela hidup hemat agar kondisi keuangan nya teratur dan segala kebutuhan serta tabungan dimiliki dengan maksimal. Pada kenyataannya, dibandingkan kalangan yang sadar dalam mengatur kondisi keuangan, lebih banyak kalangan orang yang tidak sadar atas hidup boros yang dimiliki nya hingga menyepelekan pengelolaan keuangan pribadi.

Pada dasarnya, melakukan pengelolaan dan mengatur keuangan pribadi akan lebih mudah jika anda menyadari kebutuhan yang besar dibandingkan memprioritaskan keinginan semata. Terlebih jika anda adalah rantauan yang bekerja di kota besar, pasti mengelola uang pribadi harus dilakukan agar tidak mengalami hambatan dana di pertengahan bulan. Anda harus tahu bahwa mengatur keuangan ini harus dilakukan sejak dini agar diri anda tidak terbiasa dengan pola hidup boros.

Cobalah untuk memikirkan keadaan selanjutnya di esok hari atau pekan depan, bisa saja anda membutuhkan dana darurat. Alih – alih menghutang dan harus membayar hutang beserta bunga, lebih baik anda menggunakan uang tabungan atau dana darurat. Lantas, apa saja penyebab yang menyulitkan anda mengatur kondisi keuangan? Simak terus artikel yang satu ini sampai selesai agar anda bisa menjalani pola hidup yang hemat!

Penyebab Sulit Mengatur Keuangan Pribadi Hingga Menyebabkan Boros

Penyebab Sulit Mengatur Keuangan

Dalam mengatur kondisi keuangan pribadi, tentu banyak sekali hal yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Disamping itu pula, anda harus mengetahui banyak hal yang harus dihindari agar kondisi keuangan yang diinginkan telah tercapai hingga tergolong keuangan pribadi yang baik. Anda harus sadar mengenai penyebab yang menyulitkan anda mengatur keuangan. Berikut adalah penyebab yang seringkali menyulitkan mengatur keuangan:

  1. Malas Hingga Suka Menunda

    Penyebab pertama yang paling sering menyulitkan banyak orang dalam mengatur keuangan pribadi, adalah kemalasan dan suka menunda. Alasan klise yang satu ini rupanya telah menjadi penyebab utama dibalik anggaran keuangan yang selalu kurang tanpa terkontrol dengan baik.

    Selain malas membuat komitmen pada kondisi keuangan yang anda keluarkan setiap bulannya, ada juga yang suka menunda melakukan penghematan sejak dini. Misalnya, hari ini anda sudah terlanjut makan di restoran dan berjanji akan masak dirumah atau membawa bekal dari rumah keesokan harinya. Ternyata, di keesokan harinya anda lupa bangun untuk memasak agar membawa bekal dari rumah, akhirnya anda harus membeli makan siang di restoran lagi. Itulah yang harus anda hindari.

  2. Terjebak Dengan Lingkungan Pergaulan Yang Salah

    Apakah saat ini anda sedang dalam lingkaran pergaulan orang – orang yang doyan berbelanja atau rutin makan di restoran mewah, ngopi di café mahal, hingga hobi berjalan – jalan ke luar kota maupun ke luar negeri? Tentu hal tersebut bisa dilakukan dan tergantung dengan kondisi keuangan serta ketahanan mental anda.

    Kemungkinan besar yang akan anda alami, adalah terbawa dengan pergaulan tersebut dan memuaskan diri tanpa berfikir bahwa ada kebutuhan yang sedang menanti anda. Anda harus sadar sejak dini, bahwa tidak semua orang memiliki latar belakang keuangan yang sama dan anda tidak bisa terus menerus mengikuti kebiasaan boros tersebut.

  3. Impulsive Dalam Berbelanja

    Dan, penyebab sulit mengatur keuangan yang kerap terjadi, adalah impulsive ketika berbelanja. Apa itu impulsive dalam berbelanja? Misalnya, anda sedang berbelanja di suatu supermarket untuk membeli sayuran atau kebutuhan lainnya dan anda melihat diskon besar – besaran mengenai produk kosmetik yang sebenarnya tidak terlalu anda perlukan.

    Namun karena kosmetik tersebut diskon, anda rela memasukkannya ke kantong belanja dan memutuskan untuk membeli. Sebaiknya hindarilah hal tersebut, karena akan menyebabkan kondisi keuangan anda tidak teratur dengan baik.

Related Articles

Kabar Bahagia, Tengku Dewi Putri Telah Melahirkan Anak Pertamanya

Beritamalam.com - Baru-baru ini kebahagian tengah menyelimuti pasangan selebritis Tengku Dewi Putri dan Andrew Andika. Setelah penantian selama tiga tahun lamanya, kedua pasangan selebritis...

Terkini! Nadya Mustika Positif COVID-19 Saat Melahirkan Anak Pertama

Beritamalam.com - Pasangan selebritis Rizki DA dan Nadya Mustika Ratu pada saat ini sedang berbahagia karena baru saja dikaruniai anak pertamanya. Namun, kabar buruk...

Viral TikTok, Tukang Becak Kehilangan Uang 2 Juta Rupiah Saat Sholat

Beritamalam.com - Video viral tukang becak yang kehilangan uangnya sebesar Rp 2 juta rupiah langsung viral di aplikasi TikTok. Video yang memperlihatkan seorang laki-laki...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,804FansLike
2,506FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles

Kabar Bahagia, Tengku Dewi Putri Telah Melahirkan Anak Pertamanya

Beritamalam.com - Baru-baru ini kebahagian tengah menyelimuti pasangan selebritis Tengku Dewi Putri dan Andrew Andika. Setelah penantian selama tiga tahun lamanya, kedua pasangan selebritis...

Terkini! Nadya Mustika Positif COVID-19 Saat Melahirkan Anak Pertama

Beritamalam.com - Pasangan selebritis Rizki DA dan Nadya Mustika Ratu pada saat ini sedang berbahagia karena baru saja dikaruniai anak pertamanya. Namun, kabar buruk...

Viral TikTok, Tukang Becak Kehilangan Uang 2 Juta Rupiah Saat Sholat

Beritamalam.com - Video viral tukang becak yang kehilangan uangnya sebesar Rp 2 juta rupiah langsung viral di aplikasi TikTok. Video yang memperlihatkan seorang laki-laki...

Kuliner Lokal Paling Enak Yang Bisa Jadi Inspirasi Menu Perayaan

Beritamalam.com - Berbicara soal kuliner Indonesia tidak ada habisnya, ada sangat banyak kuliner lokal paling enak yang rasanya sayang kalau dilewatkan. Biasanya beberapa kuliner...

Yuyun Sukawati Alami KDRT dan Laporkan Suami ke Komnas Perempuan

Beritamalam.com - Baru-baru ini dunia maya tengah dihebohkan dengan salah satu artis senior Yuyun Sukawati. Pesinetron Yuyun Sukawati alami KDRT dan penganiayaan dari suaminya...